Rabu, 29 Oktober 2014

Pengenalan Sepakbola

Sepakbola adalah olahraga paling populer di dunia ini dari dulu hingga sekarang, dan mungkin juga sepakbola akan tetap menjadi olahraga paling populer di dunia ini hingga jaman anak cucu kita nanti nya. sejarah muncul nya sepakbola masih sangat di pertanyakan karena mengakibat kan muncul nya perdebatan. beberapa orang mengatakan sepakbola muncul sejak jaman romawi, dan sebahagian orang lagi mengatakan sepakbola berasal dari tiongkok.
Fifa menyatakan secara resmi bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Olah raga ini di kenal dengan nama "tsu chu".
Wahh cukup lama juga, tetapi hingga sekarang sepakbola ini masih menjadi olahraga paling pupuler di dunia.
Dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat Cina telah memainkan bola yang disebut tsu chu.
Tsu sendiri artinya"menendang bola" dan Chu artinya"bola dari kulit dan ada isinya".
setelah China yang kedua kali memainkan sepak bola adalah bangsa Inca. Mereka melakukan permainan menendang bola yang terbuat dari kulit ke gawang kecil. lalu Biasanya tim yang kalah akan dibunuh atau dihukum. sadis juga jaman dulu sampai-sampai mempertaruh kan nyawa dalam permainan sepakbola tercinta ini. Sepakbola saat itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang, dengan aturan menendang dan menggiring lalu memasukkanya ke sebuah jaring yang dibentangkan dan di ikat kan diantara dua tiang.

Sejarah yang lain adalah dari Yunani Purba yang juga mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola.
Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.
Berikut nya muncul lah Sepakbola modren yang memiliki aturan dalam permainan sepakbola ini.
lalu muncul lah club sepakbola pertama di dunia yang berdiri di Inggris dan yang bernama Sheffield Football Club, walaupun Cina atau Romawi mengklaim sebagai tanah kelahiran olahraga kulit bundar ini, namun tidak ada bukti sejarah yang menguatkan hal itu.


Dulu peraturan sepakbola hampir tidak ada secara resmi, aturan-aturan yang ada biasanya berbeda-beda, tergantung dimana sepakbola itu dimainkan, namun Sheffield kemudian membuat beberapa aturan yang membuat hukum sepakbola menjadi lebih fair. Klub ini mengenalkan sepak pojok, tendangan bebas, juga gawang. Menurut situs Sheffield.com, klub ini pula yang pertama kali mengenalkan permainan sepak bola dengan lampu penerangan di malam hari. Dia pula yang memulai sepak bola dengan 11 pemain.
Dari kelahiran Sheffield inilah kemudian tumbuh klub-klub lain dan akhirnya Inggris membentuk asosiasi sepak bola bernama Football Association (FA) pada 26 Oktober 1863. Mulai saat itu, peraturan pertandingan sepak bola dibuat lebih rapid an menjadikannya sebagai tontonan yang menarik. Mereka yang mengelola asosiasi tersebut umumnya aktif di Sheffield.
Singkat cerita Perkembangan sepakbola pun menular ke beberapa negara. Dari Inggris, sepakbola juga menjadi demam di Selandia Baru, Argentina, Cile, Belgia, Urugay, Hongaria, dan sebagainya. Untuk menyatukan klub-klub sepakbola dari berbagai negara kemudian lahirlah federasi sepakbola dunia bernama FIFA di Paris pada 21 Mei 1904.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar